Perencanaan Proyek Ruko “Butik House” di Surakarta

Pada kesempatan kali ini, kelompok kami mendapatkan kepercayaan untuk mendesain sebuah bangunan gedung berupa ruko. Proyek ini dirancang oleh Carissima, Fatikhatun Risqoh, Ivana Aida, Ridlya Rahma, Rivaldo, dan Pawita yang tergabung dalam kelompok Purple. Proyek ruko ini adalah proyek pertama kami yang merupakan sebuah proyek pengembangan sistem pembelajaran berbasis web yakni e-vocational.com dari mata kuliah CAD 2D yang mengharuskan peserta didik mempelajari bukan hanya teori, namun berkecimpung langsung dalam dunia drafting (perancangan/ pengonsepan) dengan proyek nyata dan customer nyata pula. Selain itu, kerja kelompok sangat diperlukan agar nantinya proyek berjalan sesuai dengan rencana yang diharapkan.

Proyek ini berlokasi di Jalan Agung Utara III, Mojosongo, Kec.Jebres Kota Suraktarta, Jawa Tengah. Lokasi ini memiliki luas lahan 288 m², letaknya cukup strategis karena tepat berada  di pinggir jalan raya sehingga cukup mudah di akses dan tersedia juga lahan parkir untuk para pengunjung nantinya.

Pada proyek pembangunan ruko ini, kami mengusung konsep minimalis modern dengan desain tata ruang yang sederhana dan fungsional tetapi tetap menarik. Kemudian untuk tampilan lantai 1 sebagai toko pakaian, lantai 2 sebagai rumah hunian serta lantai 3 sebagai rooftop. Untuk detail ruangan dari setiap lantai adalah sebagai berikut:

Lantai 1 (toko) terdiri dari toko pakaian/butik/distro, taman, gudang, 2 kamar mandi, 2 kamar ganti dan tersedia tangga untuk ke lantai 2.

Lantai 2 (hunian) terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, kamar utama, 2 kamar tidur, dapur, 2 kamar mandi, mushola, ruang baca, balkon, tangga menuju lantai 3.

Lantai 3 (rooftop) terdiri dari tempat cuci jemur serta lahan hijau/taman.

Dalam perencanaan pembangunan ruko di kota Surakarta, kami mengacu pada perda yang berlaku, seperti:

Peraturan Daerah Kota Surakarta No. 2 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan

Peraturan Daerah Kota Surakarta No. 8 Tahun 2016 tentang Bangunan Gedung

Peraturan Daerah Kota Surakarta No. 12 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Surakarta Tahun 2011-2031 Dengan luas lahan 288 m² didapat: Garis Sempadan Bangunan (GSB) sebesar 3 m, Koefisien Dasar Bangunan (KDB) maksimum sebesar 75% dengan hasil 216 m². Untuk Koefisien Lantai Bangunan (KLB) maksimum sebesar 360% dengan hasil perhitungan berjumlah 4 lantai, tetapi kami hanya merancang 3 lantai. Kemudian, Koefisien Dasar Hijau (KDH) minimum sebesar 15% yang menghasilkan lahan seluas 44 m². Sedangkan untuk Koefisien Tapak Basement (KTB) pada proyek kami bernilai 0, karena tidak direncanakan untuk membangun basement.

Subscribe
Notify of
guest
24 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Zalza Mega - K1519080
Zalza Mega - K1519080
3 years ago

Konsep yang pas untuk saat ini, semoga segera terealisasikan ya teman teman
Semangat

Ivana Aida
Ivana Aida
3 years ago

aminn, terima kasih zalza

Risqoh
Risqoh
3 years ago

Semangatt kelompok aku uwu

Carissima
Carissima
3 years ago
Reply to  Risqoh

Gapapa sambat yang penting dikerjain yaa kelompok akuu… :”

RidlyaR
RidlyaR
3 years ago
Reply to  Carissima

semangat ngilangin hatchnya ya ka!

Ivana Aida
Ivana Aida
3 years ago
Reply to  Risqoh

semangat yok bisa yok

Sabrina Aliefia Azhar
Sabrina Aliefia Azhar
3 years ago
Reply to  Ivana Aida

yokkk bisaa yokkk!!! semangattt team purpleeee

wiji arum
wiji arum
3 years ago

ada rooftop sebagai lahan hijau is really something guys. Good luck and fighting!!!!!

Carissima
Carissima
3 years ago
Reply to  wiji arum

Lumayan kan bisa menghemat pengeluaran.. kalo butuh apa” tinggal tanem aja diatas.. semangat juga arumm

Venisa Oktavia
Venisa Oktavia
3 years ago

wah keren banget project nya purple team? ruko 3 lantai loh, hebat banget… semoga terealisasi yaa, good luck kalian… (bapak joel jangan nangis lagi? hehehe)

Nurfatona Dyah Pramusiwi
Nurfatona Dyah Pramusiwi
3 years ago

Wow… 3 lantai… Saya sendiri belum pernah merencanakan proyek setinggi ini… Sunggu tim kalian dapat menginspirasi saya… Semangat terus yaa kalian semua… Semoga sukses

Carissima
Carissima
3 years ago

Terima kasih iwii.. project kamu juga bagus banget.. sama” belajar yaa semngat

Tery
Tery
3 years ago

Wah keren sekali 3 lantai bisa untuk tempat usaha, hunian, dan ada rooftop. Desainnya sangan kreatif sekali

RidlyaR
RidlyaR
3 years ago
Reply to  Tery

terimakasii tery, semoga proyek yang kamu buat sukses dan terealisasikan dengan sempurna yak. semangat kaka!

Arita Rina
Arita Rina
3 years ago

Konsep rooftopnya terdengar menyenangkan menurut saya. Sang penghuni jadi memiliki tempat jemur yang lebih private, dan mungkin rooftop tersebut juga dapat digunakan untuk melihat bintang saat malam hari 🙂

Ivana Aida
Ivana Aida
3 years ago
Reply to  Arita Rina

Terima kasih rara untuk komentarnya. Betul sekali, ruko ini memang didesain sebagai tempat usaha dan juga hunian yang nyaman bagi penghuninya.

Sabrina Aliefia Azhar
Sabrina Aliefia Azhar
3 years ago

pemilihan lokasi sangat sangat strategis dipinggir jalan raya kalau sudah jadi, rukonya pasti diserbu pembeli. selain itu jarang-jarang orang merencanakan adanya rooftop nih apalagi ada lahan hijaunya.Bisa disebut salah satu upaya green building kah? semoga lancar trs kedepannya ya! semangattttt kalian

Rachmi
Rachmi
3 years ago

Ruko yang mengusung tema minimalis modern sangat kekinian sehingga masyarakat atau konsumen dapat berkunjung dengan nyaman dan letak yang cukup strategis pasti akan membuat ruko tersebut menjadi ramai,semangat team purple!!!

Rizky A
Rizky A
3 years ago

Menarik dan bikin penasaran untuk segera berkunjung ke tempat butik tim purple. Tetap semangat

Ilham Zaki
Ilham Zaki
3 years ago

waw, dengan adanya ruko ini, bisa menjadi aset cuan yg baik kedepannya, karena lantai 1 bisa sekali dipakai untuk berwirausaha, good job team!!

Ilham Zaki
Ilham Zaki
3 years ago

waw, dengan adanya ruko ini, bisa menjadi aset cuan yg baik kedepannya, karena lantai 1 bisa sekali dipakai untuk berwirausaha, good job team!! saya suke saya suke

VIQRI NANDA KUSUMA
VIQRI NANDA KUSUMA
3 years ago

Konsep yang bagus, mungkin untuk kelompok ini perlu di perhatikan lagi struktur yang akan menahan bangunan 3 lantai ini, mengingat pada lantai paling atas diguakan untuk taman yang mengharuskan kedap air dan memiliki beban yang berat

diva
diva
3 years ago

rukonya terlihat sangat mewah dengan 3 lantai, kwerennn

Herlina Nindi
Herlina Nindi
3 years ago

Menarik sekali..ruko dilengkapi dengan rooftop yang ada tamannya, sehingga dapat dijadikan tempat santai dan tentunya menjadikan penghuni lebih betah. Semoga dapat terealisasikan dan semangattt team purple

Last edited 3 years ago by Herlina Nindi
24
0
Sampaikan saran dan komentarmu di sinix
()
x