Perencanaan Ruko “Orange Bakery” Bogor

Kami kelompok Orange yang beranggotakan Nurfatona Dyah, Fikri Ali, Diva Jaira, Anjani Rafika, dan Kumaridin akan merencanakan sebuah proyek ruko “Orange Bakery” berkonsep minimalis modern 2 lantai. Proyek ruko ini adalah proyek pertama kami yang merupakan sebuah proyek pengembangan sistem pembelajaran mata kuliah CAD Construction Drawing (Program CAD 2D) berbasis web yakni e-vocational.com.

Proyek ini terletak di Jln. Perjuangan Kp. Curug RT 04 RW 02, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor dan dibangun diatas lahan seluas 100 m2. Proyek yang kami arsiteki terletak di lokasi yang strategis, karena terletak di tengah-tengah pemukiman padat penduduk dan kawasan industri.

Pada proyek ruko “Orange Bakery” kami mengusung konsep kios sekaligus rumah tinggal dua lantai dengan desain minimalis modern. Pada desain minimalis modern ini memungkinkan client kami memanfaatkan bangunan untuk kegiatan perekonomian (Bakery) sekaligus sebagai rumah tinggal meski dengan luas bangunan yang minimalis.

Dalam perencanaan pembangunan ruko ini, kami mengacu pada peraturan daerah yang berlaku di Kabupaten Bogor ,antara lain:

Perda kab. Bogor no 12 tahun tahun 2009 tentang bangunan gedung.

Perda Kab. Bogor no 11 tahun 2016 tentang RTRW.

Perbup  no 92 tahun 2019 tentang petunjuk teknis ketentuan umum peraturan zonasi.

Perda Kab. Bogor no 23 tahun 2000 bab I ayat 9 tentang pengajuan IMB.

Perda Kab. Bogor no. 23 tahun 2000 tentang tata cara pemberian IMB.

Berdasarkan apa yang sudah kami hitung, Koefisien Dasar Bangunan yang ada sebesar 60% maka perhitungan yang sesuai dengan lahan kami berjumlah 60 m2. Untuk Koefisien Lantai Bangunan proyek kami sebesar 20% yang menghasilkan kesimpulan untuk bangunan yang kami bangun berjumlah maksimal 4 lantai. Selain itu, Koefisien Dasar Hijau pada proyek yaitu sebesar 20% yang menghasilkan jumlah dari proyek kami sebesar 20 m2, dan GSB terletak 2m dari rumija. Koefisien Tinggi Bangunan pada proyek kami yaitu tidak disarankan untuk membangun basemen atau dengan kata lain KTB = 0. Detail ruang pada ruko “Orange Bakery” terdiri dari dua lantai. Pada lantai pertama terdapat ruang utama yang berisi rak-rak display roti dan kasir, kemudian terdapat dapur yang digunakan sebagai tempat produksi (berupa oven), dan terdapat pula satu toilet umum untuk memfasilitasi karyawan maupun customer yang hendak buang air. Konsep ruang kaca pada lantai pertama memungkinkan customer untuk melihat display roti dari luar dan tentunya akan menambah daya tarik tersendiri, ditambah dengan penempatan maupun desain interior toko yang modern. Pada lantai kedua difungsikan sebagai rumah tinggal yang terdiri dari 1 kamar utama, 1 kamar kecil, ruang keluarga, ruang makan, dapur, dan satu buah toilet yang dilengkapi dengan ruang cuci. Detail seperti ini tentunya sangat menjanjikan dan menguntungkan bagi para wirausahawan yang hendak merintis karir karena menyediakan tempat usaha sekaligus rumah tinggal yang menyatu. Hal ini dapat mengefektifkan waktu bagi client kami karena tidak perlu melakukan mobilitas lebih, dan memudahkan dalam proses pengawasan usahanya.

Subscribe
Notify of
guest
32 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Zalza Mega - K1519080
Zalza Mega - K1519080
3 years ago

Wawwwww orange bakery, keren sekali kelompok orange. Semoga segera terealisasikan
Semangat ya

Nurfatona Dyah Pramusiwi
Nurfatona Dyah Pramusiwi
3 years ago

Makasih lo za… Harus semangat biar bakery nya jadi

Risqoh
Risqoh
3 years ago

Waw keren tim orange, semoga hasilnya memuaskan sesuai ekspetasinya uwu

Nurfatona Dyah Pramusiwi
Nurfatona Dyah Pramusiwi
3 years ago
Reply to  Risqoh

Haris lebih dari ekspektasj qoh.. kamu juga yaa

wiji arum
wiji arum
3 years ago

Keren sekali team orange. Semangat!!!

Nurfatona Dyah Pramusiwi
Nurfatona Dyah Pramusiwi
3 years ago
Reply to  wiji arum

Saya sejauh ini sangat bersemangat apalagi bekerja bersama tim saya… Sungguh suatu kebanggaan tersendiri… Terimakasih arum.. kamu juga semangattt yaa

Nurfatona Dyah Pramusiwi
Nurfatona Dyah Pramusiwi
3 years ago

Saya melihat tim saya sendiri sangat bangga.. bagaimana kita sudah berjuang sejauh ini.. harapan saya adalah semoga proyek ini dapat berjalan dengan lancar, dan desain yang dibuat akan menghasilkan bangunan yang estetik dan berfungsi sebaik mungkin mengangkat ekonomi dari client kita.. semoga desain kita bisa menarik perhatian customer yang melihatnya… Sukses terus tim oren, saya yakin salah satu atau bahkan beberapa atau bahkam semua anggota dari tim kita, nantinya akan menjadi arsitek yang jaya dan besar..
I’m so proud of you my Lovely team…

diva
diva
3 years ago

aku juga banggaaa sama iwi. partner tim orange yeayyyy

Tery
Tery
3 years ago

Keren sekali kelompok orange mengusung desain yang sangat fungsional

diva
diva
3 years ago
Reply to  Tery

terimakasih mbak tery, jangan lupa mampir ke toko roti kami

Carissima
Carissima
3 years ago

Wow unyuuk banget namanya orange bakery.. pasti rame nanti kalo bisa terealisasikan dengan baik.. cocok banget kan buat anak muda yang doyan ngemil.. hmm jadi ngga sabar liat jadinya gimana.. semangat orange sukses selalu

diva
diva
3 years ago
Reply to  Carissima

ditunggu hasil akhirnya yaa mbak ima nanti bakal ada grand opening dengan diskon fantastis

RidlyaR
RidlyaR
3 years ago

konsepnya keren, semoga apa yang diharapkan dari proyeknya terwujud dengan sempurna yak. semangat dan sukses buat tim orange!

diva
diva
3 years ago
Reply to  RidlyaR

aamiinn, terimakasih mbak riri.

Arita Rina
Arita Rina
3 years ago

Saya suka nih dengan konsepnya. Minimalis dan strategis untuk membangun usaha. Selain itu, ruang di lantai 2 bervariatif yang tentunya akan membuat nyaman sang pemilik ruko. Saya sudah membayangkan bagaimana aroma bakery yg memenuhi ruangan saat selesai dioven, pasti menggairahkan.

diva
diva
3 years ago
Reply to  Arita Rina

terimakasih mbak rara, silahkan dibayangkan dulu aromi roti yang sangat harumm apalagi saat bulan puasaa.

Sabrina Aliefia Azhar
Sabrina Aliefia Azhar
3 years ago

wihhhh bakal keren bgt pastiii kalau sudah jadi. diliat dari konsep dan perencanaannya saja sudah sangat matang. ditunggu hasilnya yaa. semangattt team orange

diva
diva
3 years ago

terimakasih mbak sabrina, semangat juga untuk kelompok mbak sabrinaa

Ivana Aida
Ivana Aida
3 years ago

Wow keren sekali kelompok orange, pemaparannya juga sudah cukup jelas dan detail. Semoga dapat segera terealisasikan dan dapat memberikan manfaat serta keuntungan bagi berbagai pihak. Semangatt terus ya

diva
diva
3 years ago
Reply to  Ivana Aida

aamiinn, terimakasih mbak ivanaa

Rachmi
Rachmi
3 years ago

Ide yang sangat luar biasa team orange,bakery house yang mengusung tema minimalis modern dengan kios dengan rumah tinggal sangat memudahkan bagi penjual untuk berjualan dan juga tempat beristirahat. Konsep yang keren dari team orange semangat terus team orange!!!

diva
diva
3 years ago
Reply to  Rachmi

semangat juga mbak rahmi

Venisa Oktavia
Venisa Oktavia
3 years ago

Salut dengan proyek Team Orange karena keren banget. Proyek ruko memang sangat menjanjikan dan menguntungkan terutama bagi para wirausahawan baru. Semoga proyek ini bisa terealisasikan, goodluck team orange, dijaga terus semangatnya?

diva
diva
3 years ago
Reply to  Venisa Oktavia

terimakasih mbak ven

Rizky A
Rizky A
3 years ago

dari pemilihan tema proyek saya sudah kagum dengan kelompok orange, semoga minat akan bakery pun semakin meningkat dan yang terbaik untuk kita semua.

diva
diva
3 years ago
Reply to  Rizky A

aamiinn

Ilham Zaki
Ilham Zaki
3 years ago

melihatnya jadi lapar perut saya, dari konsep yang diberikan sangat menarik, tinggal cari resep roti yg enak ya hehehe, semangat team!!!

diva
diva
3 years ago
Reply to  Ilham Zaki

kita juga sedang mencari koki yang handal dalam memanggang roti, barangkali mas jaki berminat

VIQRI NANDA KUSUMA
VIQRI NANDA KUSUMA
3 years ago

Dengan konsep yang ada kalau di realisasikan akan menjadi sesuatu yang baik dan seperti umumnya toko roti, diusahakan terdapat tempat parkir yang dapat mengakomodasi klien yang datang ataupun tamu dari pemilik ruko

diva
diva
3 years ago

terimakasih mas viqri atas masukan dan sarannya

Herlina Nindi
Herlina Nindi
3 years ago

Keren team orange, pemaparannya informatif sekalii. Konsep yg diusung sangat menarik. Semoga diberikan kelancaran untuk menyelesaikan proyek ruko “orange bakery” nya, semangat team orange

Alya R
Alya R
2 years ago

konsep ruko memang baik dalam segi keefektifan waktu karena tidak perlu bolak balik untuk mengontrol laju usaha, apalagi dipadankan dengan usaha bakery, pasti wangi sekali, semangatt

32
0
Sampaikan saran dan komentarmu di sinix
()
x